6 Cara Hindari Muncul Ruam pada Kulit Bayi

6 Cara Hindari Muncul Ruam pada Kulit Bayi

Masalah gangguan kesehatan kulit pada bayi cukup tergolong umum karena kondisinya yang lebih rentan. Mulai dari rentan terhadap kondisi suhu udara dan cuaca, hingga efek samping dari asupan yang ia konsumsi sehari-hari. Oleh karenanya, menggunakan produk perawatan untuk menjaga kesehatan kulit sangat disarankan. Anda bisa temukan jual Lactacyd sebagai salah satu produk wajib yang bantu rutinitas perawatan kulit si kecil.

Jenis produk perawatan kulit di toko perlengkapan bayi sangat beraneka ragam dan bisa sesuai dengan kebutuhan. Karena kondisi kesehatan kulit bayi pun bisa berubah-ubah. Misalnya ketika muncul ruam akibat hal tertentu.

Cara Mudah untuk Hindari Ruam

Kebanyakan ruam muncul di area-area yang memang mudah alami luka. Seperti area yang mengenakan popok. Pemakaian popok rentan membuat si kecil terkena ruam, karena adanya gesekan dan kondisi kelembaban.

1.     Rutin Mengganti Popok

Cara menghindari ruam pada bayi pertama adalah dengan rutin ganti popok. Kebanyakan ibu membiarkan pemakaian popok dalam durasi terlalu lama tanpa menggantinya. Biasanya karena popok belum terisi penuh. Padahal tidak rutin ganti perlengkapan ini akan meningkatkan risiko ruam yang nantinya memberi rasa tidaknya nyaman pada bayi Anda.

2.     Jangan Lupa Selalu Cuci Tangan

Kuman dan bakteri mudah menempel di tubuh kita. Begitu juga dengan area tangan yang aktif bergerak dan bersentuhan pada banyak permukaan benda. Jadi, selalu pastikan Anda lebih dulu mencuci bersih tangan, sebelum menyentuh bayi, ataupun ketika ingin mengganti popoknya.

3.     Keringkan Area yang Dipasang Popok

Pemakaian produk sejenis jual Lactacyd pun harus bersamaan dengan kebiasaan dalam mengeringkan area yang dipasangkan popok. Sebelum memakaikannya popok baru. Biasanya area kemaluan, bagian belakang, dan paha dibersihkan lebih dulu, juga diberi air bersih yang gunakan kapas lembut dalam proses membersihkannya. Lalu biarkan hingga kering atau usapkan tisu pelan pada bagian yang basah.

4.     Beri Gel Zinc Oxide

Munculnya ruam pun bisa dengan mengoleskan gel zinc oxide untuk mengurangi rasa gatal dan mengganggu dari area yang terkena gatas. Tetapi tentu sebelum mengoleskan gel, pastikan juga area yang akan Anda beri bersih.

5.     Gosok dengan Lembut dan Pelan

Penyebab lainnya yaitu Anda terlalu menggosok kulit terlalu keras. Karena kulit anak dan bayi masih tergolong rentan, lebih sensitif, juga mudah terluka, Anda wajib hindari menggosok kasar area tersebut. Nantinya bisa berisiko memunculkan ruam dan luka yang bisa saja lama sembuhnya.

6.     Konsultasi pada Dokter

Terpenting, jangan ragu untuk segera konsultasi pada dokter bila ruam yang ada tidak juga sembuh. Dokter akan memberikan resep produk yang bisa bantu sembuhkan ruam dari toko perlengkapan bayi umum. Apalagi bila gejala ruam semakin parah atau hingga membuat Anda kerepotan.

Mengandalkan produk berkualitas jual Lactacyd pun bisa menjadi pilihan pengobatan dasar untuk mengatasi ruam di kulit bayi. Anda juga harus lebih memperhatikan jenis dan kandungan dalam produknya.