Apakah Boleh Berhubungan Saat Hamil

Apakah Boleh Berhubungan Saat Hamil

Seringkali ada pertanyaan apakah berhubungan saat hamil itu aman? Ibu hamil sering mengkhawatirkan hal ini apalagi kehamilan merupakan hal yang sangat membahagiakan sehingga harus benar-benar dijaga agar janin dapat lahir menjadi bayi yang sehat.

American Pregnancy Association mengungkapkan bahwa seks selama kehamilan aman bagi ibu dan bayi di dalam kandungan. Bayi terlindungi oleh cairan ketuban di dalam rahim, sehingga bisa mencegah berbagai infeksi. Selama dokter tidak melarangnya, seks selama hamil aman dilakukan. Memang ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat berhubungan seks saat hamil.

Manfaat Berhubungan saat Hamil

  1. Meningkatkan Bonding

Seks saat hamil akan meningkatkan ikatan antara Anda dan pasangan. Ini karena banyak wanita sangat fokus pada kehamilan, yang membuat pasangannya merasa dikucilkan. Berhubungan saat hamil merupakan salah satu bentuk kasih sayang yang meningkatkan ikatan antara suami dan istri.

  1. Menghilangkan Stres

Selain itu, saat berhubungan seks, Anda akan mengalami orgasme. Orgasme secara alami bisa menghilangkan stres. Orgasme menghasilkan oksitosin yaitu hormon yang menghasilkan endorfin, yang membuat Anda merasa tenang dan bahagia. Jika Anda merasa pusing dan stres karena kehamilan, berhubungan seks dengan pasangan akan membuat Anda merasa lebih aman dan nyaman.

  1. Sebagai Persiapan Sebelum Melahirkan

Jika Anda berhubungan seks pada trimester ketiga, ini bisa mempersiapkan Anda untuk persalinan. Orgasme meningkatkan kontraksi dasar panggul yang membantu memperkuat otot yang dibutuhkan pada proses persalinan dan setelah melahirkan.

  1. Tidur Lebih Nyenyak

Selain itu, berhubungan seks saat hamil bisa menurunkan tekanan darah dan membuat Anda tidur lebih nyenyak nantinya. Tentunya, bayi dalam kandungan juga akan mendapat manfaat jika ibu sehat dan tidur yang cukup.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ada berbagai perubahan dalam tubuh Anda selama kehamilan dan Anda mungkin merasa tubuh Anda belum sempurna. Berhubungan seks saat hamil bermanfaat untuk memulihkan kepercayaan diri dan perasaan positif tentang diri sendiri.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Berhubungan

  1. Tidak Memicu Keguguran

Menurut laporan Mayo Clinic, satu hal penting yang harus dipahami adalah berhubungan seks saat hamil tidak memicu keguguran. Kebanyakan keguguran terjadi karena perkembangan janin yang tidak normal.

  1. Hindari Bila Kehamilan Berisiko

Pada saat yang sama, menurut American Pregnancy Association, saat Anda hamil, sebaiknya hindari berhubungan seks selama kehamilan apabila berisiko tinggi. Diantaranya adalah riwayat kelahiran prematur, keguguran, ketuban pecah, perdarahan vagina, dan plasenta previa sangat rendah. Selain itu, jika Anda dan pasangan memiliki penyakit menular seksual, sebaiknya hindari berhubungan seks saat hamil.

  1. Perlukah Pemakaian Kondom?

Para ibu perlu memahami bahwa infeksi menular seksual selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Jika pasangan Anda menderita infeksi menular seksual yang aktif atau baru saja didiagnosis, harap hindari semua bentuk aktivitas seksual. Selama Anda dan pasangan berhubungan seks aman, kondom tidak diperlukan. Kunjungi https://parenting.orami.co.id/ untuk mencari informasi dan review tentang hal ini.