Gejala Alergi Makanan Pada Bayi Yang Mom Wajib Tahu

Gejala Alergi Makanan Pada Bayi Yang Mom Wajib Tahu

Selama 6 bulan pertama hidupnya, bayi hanya mendapatkan asi ekslusif saja. setelah usia 6 bulan, bayi mulai dikenalkan dengan makanan padat. memberikan makanan padat atau mpasi bagi bayi, memang membutuhkan tantangan tersendiri. Anda harus memperhatikan semua makanan yang masuk ke mulut bayi. Karena mungkin makanan tersebut bisa memicu alergi pada bayi. Gejala alergi pada bayi biasanya muncul 2 jam setelah konsumsi makanan pemicu. Karena bayi belum bisa berbicara, mom harus mengetahui gejalanya dengan baik. berikut ini gejala alergi makanan pada bayi yang mom wajib tahu.

Terjadi Perubahan Kulit

Salah satu gejala yang sering muncul adalah terjadi perubahan pada kulit bayi. Yaitu muncul ruam eksim, gatal-gatal atau kulit kemerahan. Biasanya muncul di sekitar mata atau mulut. Terkadang juga muncul di sekitar lengan, badan hingga kaki. Reaksi alergi pada bayi juga bisa menyebabkan area lidah, bibir dan tenggorokan membengkak.

Jika pembengkakan parah, bisa mengganggu pernapasan bayi dan mengancam nyawanya. Bayi akan kesulitan bernapas,kemudian menjadi kebiruan hingga kehilangan kesadaran. Saat terjadi reaksi alergi ini, moms harus segera membawanya ke rumah sakit. Supaya bisa mendapatkan perawatan medis sedini mungkin.

Masalah Pencernaan dan Pernapasan

Ketika mengkonsumsi makanan pemicu alergi, bisa menyebabkan masalah pencernaan dan pernapasan pada bayi. Perut bayi akan kembung, lalu mengalami mual dan muntah. Bahkan bisa membuat buang air besar lebih sering dan bentuknya cair (mencret). Untuk gejala berat, bab bayi terdapat lendir atau darah. Bila anda mengalami diare, anda harus mewaspadainya. Jangan sampai anak mengalami dehidrasi.

Gejala lain yang sering muncul antara lain, bersin, hidung tersumbat hingga batuk ringan. Gejalanya hampir mirip dengan gejala pilek dan flu. oleh karena itu penting untuk mencatat semua makanan yang masuk ke mulut bayi. Apalagi makanan tersebut baru saja dicoba oleh di kecil.

Rewel

Jika bayi anda lebih rewel dibandingkan biasanya, coba perhatikan makanan yang ia konsumsi. Mungkin bisa menjadi tanda alergi makanan tertentu. Bayi rewel terus menerus, karena ada yang tidak nyaman dalam dirinya. Seperti perut yang kembung, rasa gatal dan lainnya.jadi anda bisa lebih mewaspadainya. Apalagi anda sudah mencoba menidurkannya, menggendongnya dan mencoba kegiatan lain, namun si kecil tetap rewel terus menerus.

Sebenarnya masih banyak gejala alergi makanan pada bayi yang harus moms ketahui. Namun tiga gejala diatas, yang paling sering muncul dan mudah diketahui. Biasanya gejala alergi akan muncul dua jam setelah konsumsi makanan tersebut. Saat memulai memberikan makanan padat, anda harus catat semua makanan yang diberikan. Terutama saat memberikan makanan pemicu alergi. Seperti telur, kerang-kerangan, kacang, gandung, seafood dan lainnya. dengan begitu anda akan tahu gejala muncul karena alergi atau bukan.