Inilah yang Terjadi Ketika Pecinta Kopi Tidak Minum Kopi

Inilah yang Terjadi Ketika Pecinta Kopi Tidak Minum Kopi

Kopi instan sangat mudah disajikan, Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas kemudian segelas kopi siap dinikmati. Beberapa varian kopi sachet juga memiliki berbagai rasa yang cocok untuk dinikmati dalam kondisi dingin sehingga bisa dinikmati saat cuaca panas.

Kopi sudah menjadi bagian dari tradisi dan budaya bangsa sehingga wajar apabila banyak orang Indonesia menjadi pecandu kopi. Lalu apa yang terjadi apabila seorang pecinta kopi tidak mengonsumsi kopi dalam sehari? Tentunya tidak mudah menghadapi kondisi tubuh saat tidak mengonsumsi kopi walaupun hanya sehari.

Efek Tidak Mengonsumsi Kopi Bagi Pecinta Kopi

Ketika pecinta kopi tidak dapat mengonsumsi kopi dalam sehari tentu akan muncul perasaan tidak nyaman dan ada yang kurang di tubuh. Beberapa efek yang muncul apabila pecinta kopi tidak mendapatkan asupan kopi favoritnya adalah:

1.     Perasaan Tidak Nyaman

Efek yang paling pertama muncul apabila tidak mendapatkan asupan kopi bagi pecinta kopi adalah perasaan tidak nyaman. Kafein dalam kopi mengandung efek stimulan yang mampu menstimulasi organ otak sehingga menimbulkan rasa bahagia.

Rasa tidak nyaman ini juga muncul sebagai efek psikologi sebab meminum kopi dapat menimbulkan rasa bahagia dan kecanduan, tapi efeknya tidak berbahaya seperti narkoba. Karena ketika tidak mengonsumsi kopi Anda tidak akan mengalami sakau.

2.     Rasa Pusing dan Kepala Berdenyut

Kopi instan menjadi andalan para pecinta kopi karena dapat dinikmati kapan saja dan beragam variannya. Seperti Nescafe yang menyediakan varian kopi hitam hingga kopi hijau yang mudah didapatkan dan sangat mudah disajikan.

Ketika Anda menjadi seorang pecinta kopi dan tidak bisa mendapatkan asupan kopi dalam sehari, maka rasa pusing akan muncul. Rasa pusing ini akan diikuti dengan kepala berdenyut jika sudah terlalu lama dibiarkan.

3.     Dosis Minum Kopi Bertambah

Kafein dalam kopi mampu memberikan efek kecanduan yang membuat ingin mengonsumsi lagi dan lagi. Apabila pecinta kopi tidak mengonsumsi kopi dalam sehari, maka saat mengonsumsi kopi berikutnya dosis akan bertambah dan semakin sulit melepaskan kebiasaan minum kopi.

4.     Sulit Konsentrasi

Kafein juga mampu memberikan stimulasi adrenalin dalam tubuh sehingga mampu membuat Anda fokus dan konsentrasi ketika bekerja walaupun kondisi tengah letih, adanya kafein mampu membuat tetap semangat. Inilah yang menyebabkan para pecinta kopi sulit berkonsentrasi apabila tidak mengonsumsi kopi.

5.     Merasa Gelisah

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat memberikan efek gelisah bagi tubuh, tapi tidak mengonsumsi kopi juga akan menimbulkan efek yang sama. Konsumsi kopi berlebihan dapat merusak kondisi mental dan membuat kegelisahan tidak akan berkurang. Namun, apabila konsumsi kopi setiap hari dalam batas wajar akan memberikan efek positif bagi tubuh Anda.

Sangat wajar apabila seseorang menjadi pecinta kopi karena ada banyak variasi kopi instan yang tersedia di pasaran. Namun, jangan berlebihan dalam mengonsumsinya. Jika Anda membutuhkan asupan kafein konsumsi dalam jumlah wajar. Karena kopi tetap memberikan efek positif bagi tubuh.