Kurangi Konsumsi Air Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah 

Kurangi Konsumsi Air Cara Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup di Sekitar Rumah

Permasalahan terkait konsumsi air bersih saat ini masih kerap kali terjadi terutama di area kota besar dan wilayah kumuh. Ada banyak cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah dengan berhemat air. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan supaya penggunaan air bisa secara efisien dan berkurang.

1. Mematikan Keran saat Menggosok Gigi

Ketika tengah menggosok gigi, kebiasaan buruk yang sering terjadi yaitu membiarkan kran tetap menyala. Meskipun ini terdengar sepele kenyataannya akan ada sejumlah besar air yang terbuang ketika kran tidak dimatikan selama menggosok gigi. Langkah kecil seperti mematikan kran air saat menggosok gigi bisa berpengaruh besar bagi konsumsi air.

2. Gunakan Mesin Cuci Seperlunya

Beberapa orang menggunakan mesin cuci setiap waktu bahkan ketika kondisi cucian mereka masih sangat sedikit. Hal ini bisa menghabiskan air cukup banyak apalagi ketika pakaian yang dicuci terbatas dan perlu diperhatikan. Pastikan untuk mulai menggunakan mesin cuci ketika pakaian sudah penuh supaya air tidak terbuang.

3. Kurangi Kecepatan Shower

Saat mandi, biasanya seseorang akan mengabaikan kecepatan shower karena memang semakin deras akan terasa lebih nyaman. Ini sebenarnya menjadi salah satu kegiatan yang menghabiskan cukup banyak air karena air yang membasahi tubuh lebih banyak. Gunakan shower kecepatan rendah bisa mengurangi air meskipun efeknya harus pelan-pelan ketika mandi.

4. Perbaiki kebocoran

Kran di tempat cuci piring seringkali mengalami kebocoran kecil yang seringkali tidak dipedulikan keberadaannya. Ini tampak sangat sepele tetapi dalam satu malam saja, sudah ada berliter-liter air bersih yang terbuang sia-sia. Melakukan perbaikan dengan segera bisa menjadi cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah paling sepele.

5. Buat Penyimpanan Air Hujan

Ketika hujan, sebuah lingkungan sangat jarang memiliki area serapan terutama di wilayah perkotaan. Membuat area penampungan air selama hujan bisa menjadi alternatif penggunaan air secara efisien. Air ini bisa dipakai untuk mencuci pakaian, mengairi kolam, hingga menyiram tanaman yang ada.

6. Gunakan Irigasi Tetes

Kebiasaan seseorang ketika menyiram tanaman yaitu penyiraman yang dilakukan secara berlebihan tanpa memperhatikan banyaknya air. Seringkali penyiraman bahkan membuat area tertentu sampai menjadi tergenang baru berhenti menyiram. Penyiraman seperti ini tidak efektif mengingat air hanya akan masuk ke dalam tanah, akan lebih baik jika dengan sistem irigasi tetes.

7. Perhatikan Waktu Penyiraman

Penyiraman tanaman punya waktu-waktunya sendiri supaya bisa diserap oleh akar secara lebih baik. Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik untuk menyiram karena ketika siang, kebanyakan air akan mengalami penguapan.

Itulah beberapa kegiatan kecil yang bisa digunakan untuk berhemat air secara mandiri dimulai dari rumah sendiri. Air akan menjadi komponen penting yang patut diperhatikan dalam cara menjaga kelestarian lingkungan hidup di sekitar rumah.