Penyebab dan Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar

Penyebab dan Cara Mengatasi Anak yang Malas Belajar

Masalah anak malas belajar ini menjadi pekerjaan orang tua sebenarnya, karena proses belajar paling banyak waktunya adalah di rumah bukan di sekolah. Sedangkan di sekolah tempat belejar yang sifatnya teori dan penyampaian materi atau praktek, sedangkan pengulangan materi di sekolah di lakukan di rumah.

Maka dari itu, berat memang tugas sebagai orang tua jika menemukan masalah anak yang malas belajar dan tentu saja akan berpengaruh pada rendah atau menurunya nilai akademik si anak, boro boro bisa juara mungkin saja nilainya sangat rendah dan sering ikut remidi pada beberapa mata pelajaran.

Membiarkan kondisi ini terus terjadi tentu saja tidak baik, karena akan berpengaruh pada masa depan si anak di kemudian hari. Nilai jelek bisa jadi dia tidak bisa masuk sekolah favorite, atau tempat kuliah favorite karena saat ini semua standar masuk sekolah dan perguruan tinggi kebanyakan berpatokan pada nilai akademik.

Oleh karenanya, kali ini kiyta akan mencoba membahas masalah anak yang malas belajar ini, kira kira dari segi apa saja. Kita coba dulu cari penyebab, kenapa anak malas belajar.

Penyebab anak malas belajar

  1. Dia tidak suka mata pelajaran itu

Banyak anak yang malas belajar karena alasan ini, misalkan saja dia tidak suka berhitung, menghafal rumus maka ketika pelajaran fisika, kemudian matematika si anak akan cendrung malas belajar dan pasrah dan alhasil nilainya juga apa adanya bahkan kuran dari standar minimum keluluasan.

  1. Karena faktor lingkungan

Besar sekali memang pengaruh lingkungan dalam minat belajar peserta didik. Lingkungan yang cendrung di bebaskan, kemudian penuh dengan nuansa gamer maka ini akan membuat anak malas memegang buku pelajaran dan lebih suka bermain game bersama teman temanya.

  1. Faktor kelelahan

Ini juga bisa jadi menjadi pemicu, dimana karena kegiatan sekolah sangat banyak kemudian memkasa anak selalu pulang sore harinya. Sampai rumah masih ada kegiatan lagi dan malamnya fisik si anak otomatis sudah terkuras.

Kemudian di paksa memegang buku pelajaran hanya untuk membaca dan mengulang beberapa lembar saja sudah merasa ngantuk yang luar biasa akhirnya rasa malas belajar akan timbul secara alami.

Tiga penyebab utama diatas adalah kebanyakan ditemukan saat ini, lalu bagaimana cara mengatasi anak malas belajar ini ? coba kita rinci dan ringkas saja dalam point dibawah ini.

Cara mengatasi anak malas belajar

Cari solusi dari penyebabnya

Jika sudah tau apa sebabnya maka sebagai orang tua dan guru harus bisa memberikan solusi kepada si anak bukan malah menambah beban mereka karena sejatinya otak anak anak memiliki tingkat kejenuhan sendiri berdasarkan usianya.

Jika anak malas belajar karena lingkungan, maka coba arahkan dengan perlahan untuk menjauhi lingkungan tersebut, jika anak malas belajar karena bermain game, coba terapkan aturan jam bermain game dengan ketat.

Jika anak malas belajar karena faktor tidak suka pada satu mata pelajaran misalkan, coba datangkan guru les yang ahli dalam mata pelajaran tersebut biasanya dia akan mampu memberikan solusi, kemudian jalan pintas yang lebih praktis dalam menyelesaikan soal yang bisa jadi guru di sekolah tidak memiliki kemampuan akan hal itu.

Jika anak malas belajar karena tidak bisa membagi waktu, coba rundingkan dengan pihak sekolah mengenai kondisi ini dengan baik baik. Oke, sampai disini sudah cukup kami rasa dalam membedah masalah anak yang malas belajar.